Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cepat Memutar Uang 1 Juta Hingga Menjadi Puluhan Juta

Yandelia.com - Investasi itu sangat penting di era modern seperti sekarang ini. Supaya anda terhindar dari krisis keuangan karena anjloknya nilai uang akibat inflasi.Tapi, orang-orang kebanyakan belum tahu cara berinvestasi yang menguntungkan. Apalagi jika memiliki modal yang kecil. Anda tidak perlu risau, karena belakangan ini banyak beredar investasi yang bisa dijalankan dengan modal hanya 1 juta rupiah saja. Tapi, jangan salah, dengan modal segitu pun anda bisa mendapat keuntungan yang lumayan besar asal dilakukan dengan benar dan penuh perhitungan.


Jika anda seorang pemula dalam dunia investasi. Sebaiknya pilihlah reksadana karena dioperasikan oleh orang-orang Profesional sehingga minim akan resiko. Nominal yang dapat ditabung di reksadana akan berbeda di setiap institusi. Ada yang menetapkan nominal sebesar 500 ribu dan ada juga yang mewajibkan anda menaruh 1 juta. Aturlah sesuai dengan keuangan anda. Selain itu, untuk anda yang mempunyai dana 1 juta, namun bingung mau diapakan supaya uang tersebut terus berputar.

Anda bisa mulai membuka usaha warung ataupun toko online. Faktanya, banyak sekali bisnis online yang bisa diluncurkan dengan modal kecil, misalnya bisnis baju di toko online. Hanya dengan perlu membeli beberapa lusin baju di agen grosir kepercayaan anda. Lalu tawarkan di beberapa marketplace seperti Lazada, Shopee, dan Tokopedia. Siapkan beberapa jumlah uang untuk memasang iklan di platform, contohnya Facebook Ads, Dilansir dari kirim.email, harga pasang iklan di FB Ads bisa anda mulai dengan harga Rp 10.000 perharinya.

Seumpama anda membutuhkan dana lebih, banyak jalan untuk memperoleh uang tambahan, misalnya dengan menggadaikan BPKB Motor, Mobil, Sertifikat, maupun ATM. Tapi, jika anda masih ragu untuk memulai usaha dengan modal 1 juta, anda bisa menabungkannya untuk membeli keperluan lain. Satu hal yang harus anda tanamkan dalam diri anda ialah jangan pernah meremehkan suatu hal yang kecil, sebab hal yang besar tentu berasal dari hal kecil.

Kebanyakan orang akan berkata,

"Ah, duit sejuta. Buat apaan? buat hangout di-cafe juga abis."

Itulah yang harus anda hindari. Pasang mindset bahwa peluang sukses itu bisa muncul dari hal sekecil apapun. Sekarang, jangan terus mencari dan mencari artikel tentang cara memutar uang. Mulailah ambil tindakan sekarang juga. Dengan itu, anda akan mendapat pelajaran yang berharga yaitu pengalaman.

Cara Cepat Memutar Uang 1 Juta Hingga Jadi Puluhan Juta


Nah, berikut ini adalah beberapa cara memutar uang 1 juta yang sudah kami rangkum sedemikian rupa untuk kamu agar lebih dimengerti dan pastinya untuk kamu lakukan dengan uang tersebut.

1. Investasi Reksadana Saham


Tips pertama dimulai dari Investasi. Banyak orang yang gagal dalam berinvestasi karena mereka melakukannya dengan salah. Banyak juga yang ketipu dengan investasi bodong. Jika anda beranggapan bahwa investasi saham hanya dilakukan orang-orang besar atau pebisnis kaya, anggapan anda salah besar. Faktanya, lembaga investasi sudah mulai melek dengan kondisi masyarakat. Mereka memudahkan masyarakat untuk belajar investasi dengan modal yang sangat minim, cuma 100 ribu-an saja.

Jadi kalau anda memiliki modal 1 juta, sudah sangat cukup untuk memulai investasi saham. Konsepnya mirip seperti menabung uang pada biasanya. Sebelum memulai investasi, anda wajib membuat rekening efek di bank sekuritas, misalnya MNC Sekuritas, BCA Sekuritas, Mandiri Sekuritas, dan sejenisnya. Investasi saham cocok untuk anda yang ingin melakukan perputaran uang jangka panjang. Sebab investasi saham pada umumnya memiliki jangka waktu di atas 5 tahun.

Alangkah baiknya untuk membaca kebijakan yang dibuat pemilik produk investasi sebelum anda menanam saham, pastikan kebijakan yang ditetapkan bersifat mutualisme alias saling menguntungkan. Ada hal yang harus anda pelajari sebelum memulai investasi saham, misalnya cara membaca laporan keuangan serta rasio-rasio seperti PER (Price/Earning Ratio) dan PBV (Price to Book Value).

Selain itu, jangan pernah membeli saham dengan sekaligus, usahakan untuk membeli saham secara bertahap, sesuaikan dengan dana yang anda miliki. Walau tidak instan, tapi akan cukup menguntungkan dalam jangka waktu yang panjang.

2. Memulai bisnis


Selain investasi, anda juga bisa memulai bisnis dengan modal cuma 1 juta. Salah satu bisnis yang membutuhkan modal kecil untuk memulainya, yaitu dengan menjadi dropshipper. Mekanisme kerja dropshipper adalah sistem dimana seorang dropshipper meneruskan order dari pelanggan kepada supplier dan supplier-lah yang akan mengirimkan barang langsung kepada pembeli.

Keuntungannya, anda tak perlu lagi mengeluarkan banyak uang untuk membeli barang yang akan dijualkan layaknya reseller. Akan tetapi, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi dropshipper. Salah satunya yaitu memiliki jaringan atau lingkup yang luas. Sehingga produk yang anda tawarkan dapat mencakup khalayak ramai. Selain itu, anda juga harus memiliki kemampuan marketing yang baik, seperti menguasai teknik copywriting untuk menarik minat calon pembeli lewat kata-kata.

Marketplace yang menyediakan lowongan untuk menjadi dropshipper, salah satunya ialah AliExpress. Ada banyak sekali daftar bisnis dengan modal 1 juta yang bisa kamu coba, Anda hanya perlu membaca peluang dengan baik, agar anda bisa mengetahui tren sekarang ini. Pelajari apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Perhitungkan matang-matang setiap tindakan yang akan anda lakukan, agar tidak menjadi blunder bagi bisnis anda di masa depan. Jika begitu, uang anda tidak akan berputar tapi hanya menjadi barang yang tidak laku.

3. Investasi emas


Emas atau logam mulia, merupakan investasi yang paling mudah dilakukan, apalagi bagi Anda yang baru saja terjun di dunia investasi. Ini cocok untuk anda yang ingin berinvestasi tanpa harus belajar membaca laporan keuangan seperti investasi saham. Selain itu, investasi emas memiliki keunggulan yang melimpah ketimbang investasi lainnya, misalnya Imbal hasil yang cukup menjanjikan, mudah dicairkan, dan harganya terus naik sejalan dengan waktu. Seandainya turun pun, nilainya tidak begitu signifikan.

Ada dua perusahaan yang memproduksi emas di pasaran, yaitu dari PT Aneka Tambang (Antam) dan juga PT Untung Bersama Sejahtera (UBS). Keduanya sudah memiliki sertfikasi resmi, PT Antam sudah bersertifikat internasional dan diakui oleh London Bullion Market Association dan PT USB bersertifikat nasional. Sebaiknya anda memeriksakan kemurnian emas terlebih dahulu sebelum membeli emas. Emas yang biasa digunakan untuk investasi yaitu emas jenis batangan.

Karena emas tersebut murni tanpa adanya campuran logam lainnya. Siapkan pula tempat yang memadai untuk menyimpan emas agar tidak hilang dan terhindar dari pencurian. Anda juga bisa menyewa tempat penyimpanan di bank atau pegadaian agar lebih terjamin keamanannya.

Yang terakhir, anda wajib untuk selalu memantau harga emas. Anda sebagai investor harus pandai-pandai melihat situasi. Belilah emas ketika harganya sedang turun dan kemudian jual emas tersebut saat harganya naik.

Cukup menguntungkan bukan?

4. Melakukan deposito berjangka


Deposito berjangka memiliki kesamaan dengan menabung. Dimana dana yang didepositkan hanya dapat ditarik pada jangka waktu tertentu. Anda bisa memilih jangka waktu untuk penarikan deposito mulai dari 1, 3, 6, 12, 24, hingga 36 bulan. Deposito tidak boleh dicairkan sebelum tanggal jatuh tempo yang telah disepakati. Apabila dilanggar, maka anda akan dikenai hukuman.

Keliatannya biasa aja ya, Tapi apa yang bikin deposito berjangka bisa memutar uang anda?

Ya, alasan anda untuk melakukan deposito berjangka adalah karena suku bunga yang ditawarkan lebih besar ketimbang tabungan biasa. Deposito berjangka juga menerapkan sistem Automatic Roll Over yaitu perpanjangan otomatis ketika tabungan anda sudah jatuh tempo. Selain itu, deposito berjangka merupakan investasi yang paling aman. Karena memiliki tingkat resiko yang relatif rendah serta Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) akan menjaminkan deposito nasabah hingga mencapai Rp 2 miliar dengan suku bunga yang tinggi.

Anda bisa menghitung taksiran bunga deposito seperti ini,

Contohnya Pak Joko ingin mendepositkan uangnya sebesar Rp 10 juta dengan jangka waktu 12 bulan dengan ketentuan bahwa bunga yang ditetapkan 5% serta pajak sebesar 20%.
Hasil hitungnya seperti ini...

Keuntungan bunga deposito = 5 % x Rp 10.000.000 x 360/365 = Rp 493.150

Pajak deposito = 20% x 493.150 = 98.630

Pengembalian deposito = Rp 493.150 - Rp 98.360 = Rp 394.790

Jadi, keuntungan yang didapatkan Pak Joko setelah menanamkan deposito sebesar Rp 10.000.000 selama 1 tahun adalah sebesar Rp 394.790. Total uang Pak Joko yaitu Rp 10.394.790.

Bagaimana? Cukup menguntungkan bukan? Daripada uang 1 juta anda habis untuk berfoya-foya yang sementara. Lebih baik anda depositkan, siapa tahu anda akan butuh uang di masa depan nanti. Keuntungan suku bunga tersebut terus bertambah sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan. Bayangkan jika anda melakukan deposito selama 5 tahun dengan nominal hanya 10 juta, keuntungan yang ditaksir bisa sampai jutaan rupiah.

5. Menabung sendiri


Jika Anda tidak sanggup dengan kebijakan yang diterapkan penyedia deposito berjangka. Maka anda bisa menabungkan uang tersebut secara pribadi. Anda bisa menabung sejuta perbulan. Apalagi jika anda belum memiliki istri dan anak, rasanya menabung dengan uang segitu sangatlah mudah. Tentunya anda harus memiliki tujuan dalam menabung uang, misalnya untuk membeli rumah, motor, mobil, atau untuk modal bisnis.

Dengan itu, uang anda akan terus berputar dan bisa juga digunakan sewaktu-waktu jika ada kebutuhan mendesak. Sebelum mulai menabung, tentukan target yang akan anda capai. Misalnya, anda setiap bulannya akan menyisihkan uang 1 juta dari gaji anda untuk ditabung. Kalau dikalkulasikan selama 1 tahun, akan terkumpul sebanyak 12 juta. Buatlah sistem menabung anda lebih menarik dan variatif. Misalnya, dengan menerapkan konsep reward and punishment.

Jadi, ketika anda berhasil mencapai target tertentu, berikan diri anda hadiah yang menarik. Contohnya dengan berjalan-jalan ke tempat tertentu. Tapi, jika anda gagal mencapai target yang sudah ditentukan, berikan hukuman kepada diri anda. Lakukan secara kontinu, agar anda terbiasa untuk mencapai target yang anda buat.

Akhir Kata


Artikel di atas hanya rekomendasi yang bisa anda lakukan jika memiliki uang 1 juta namun bingung mau diapain uangnya. Daripada terbuang sia-sia buat hangout di-cafe sama temen-temen. Alangkah baiknya untuk memanfaatkan uang tersebut agar lebih produktif dan menghasilkan keuntungan. Akan tetapi, dibutuhkan kesabaran yang ekstra. di lapangan.. Akan banyak bermunculan tantangan dan ujian yang menggoda anda untuk menggunakan uang tersebut buat foya-foya semata.

Posting Komentar untuk "Cara Cepat Memutar Uang 1 Juta Hingga Menjadi Puluhan Juta"