Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk! Baca Panduan Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 11 Terbaru

Yandelia.com - Siapa yang tidak tau program yang satu ini, yups Kartu Prakerja merupakan sebuah program yang dibuat dan disahkan oleh presiden joko widodo untuk yang mengalami pengangguran dan terkena pemutusan kerja yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kreatifitas para pekerja dalam bidangnya. Setelah sebelumnya bagi kamu yang tertolak pada gelombang 10 kamu tidak perlu risau sebab program prakerja ini masih terus membuka gelombang baru yang saat ini sedang kita tunggu-tunggu yaitu gelobang 11 seperti yang di informasikan pada halaman sosmed Instagram Prakerja.


"Bagi Sobat yang belum sempat bergabung ke Gelombang 10, jangan khawatir! Sobat masih bisa bergabung ke Gelombang berikutnya kok. Jangan lupa pantau terus infonya di akun Instagram Kartu Prakerja yaa Sobat!" ditulis Instagram resmi Prakerja.

Kapan Gelombang 11 Prakerja dibuka ?


"Kami masih menunggu arahan dari KCK," Senin (5/10/2020). Sebelumnya, Pengelola Kartu Prakerja ini memastikan bahwa Gelombang 10 merupakan gelombang yang terakhir pada program Kartu Prakerja 2020. Rencananya, program ini akan diteruskan pada 2021. Mereka yang sudah menjadi penerima Kartu Prakerja 2020 tidak diperbolehkan mengikuti kembali program ini pada tahun depan.

Bagi kamu yang belum lolos pada gelombang 10 kemarin atau belum melakukan pendaftaran program prakerja ini, disini saya akan memberiitahukan informasi mengenai apa saja syarat-syarat yang diperlukan agar bisa melakukan pendaftaran program prakerja ini mohon kamu simak artikel berikut ini dengan seksama dan saya do'akan pada gelombang berikutnya kamu dapat bisa mengikuti pelatihan prakerja ini.

Cara Daftar Akun Kartu Prakerja Gelombang 11 Terbaru


Lalu apa saja sih syarat-syarat yang harus kamu penuhi sebelum mengikuti pelatihan prakerja ini, nah disini kamu rangkum sedemikian rupa untuk kamu yang ingin mengetahui syarat program Kartu Prakerja ini, sebagai berikut :

Syarat - Syarat Daftar Kartu Prakerja


1. Pendaftar Kartu Prakerja pastinya harus menyediakan Kartu Keluarga sendiri sebelum melakukan registrasi di halaman tersebut.
2. Untuk bergabung dalam program kartu prakerja ini, kamu harus memberikan persetujuan terkait data yang telah di-input.
3. Harus memenuhi beberapa syarat berdasarkan Peraturan Presiden nomor 76 tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja yaitu merupakan WNI.
4. Peserta harus berusia paling rendah 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.
5. Program Prakerja juga dibuka untuk pencari kerja, pekerja yang terkena PHK atau dirumahkan.
6. Syarat agar lulus seleksi Kartu Prakerja, pelamar harus lolos beberapa layer verifikasi data, mulai dari verifikasi email, nomor ponsel, NIK, usia hingga lolos tes Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar. Sehingga sebelum melakukan pendaftaran pastikan agar email dan nomor ponsel yang didaftarkan masih aktif.

Berikut ini adalah beberapa jabatan yang tidak dibolehkan untuk mengikuti program Prakerja tersebut, antara lain :
1. Pejabat Negara
2. Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)
3. Aparatur Sipil Negara
4. Prajurit Tentara Nasional Indonesia
5. Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia
6. Kepala Desa dan perangkat desa
7. Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.

Itulah tadi beberapa syarat yang bisa saya berikan kepada kamu yang ingin mengikuti pelatihan prakerja ini, mohon kamu ingat baik-baik agar kamu bisa lolos ke tahap selanjutnya dan bisa mendapatkan dana intensif nantinya. Lalu bagaimana cara mendaftar akun prakerjanya? Nah dibawah ini adalah tutorial bagaimana cara mendaftarkan akun Kartu Prakerja tersebut.

Cara Daftar Akun Kartu Prakerja Gelombang 11


1. Silahkan kamu Akses ke situs pendaftaran di https://www.prakerja.go.id.
2. Masukkan nama lengkap, e-mail yang masih aktif dan kata sandi baru.
3. Cek e-mail dari Panitia Prakerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun e-mail.
4. Setelah konfirmasi akun e-mail berhasil, kembali ke situs prakerja.go.id.

Setelah kamu selesai membuat akun prakerja, berikutini adalah cara daftar program atau pelatihan dari Kartu Prakerja tersebut :

1. Login dengan akun yang sudah kamu daftar dengan Klik Daftar Kartu Prakerja
2. Isi formulir pendaftaran dengan data yang benar seperti (nama, e-mail, alamt tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP dan foto selfie dengan KTP).
3. Apabila sudah klik Selanjutnya
4. Masukkan nomor telepon yang masih aktif dan Kode OTP yang dikirim melalui SMS
5. Lakukan Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar dan siapkan alat tulis dan kerja bila diperlukan.
6. Tunggu e-mail pemberitahuan dari Kartu Prakerja setelah menyelesaikan tes.
7. Setelah mendapat e-mail pemberitahuan, kembali ke situs dan gabung ke gelombang pendaftaran.

Pastikan data yang kamu berikan sesuai dengan apa yang mereka minta karena setiap pengguna yang mendaftar nantinya akan di check kesesuaian data tersebut, apabila data tidak pas maka secara otomatis kamu tidak lolos masuk ke gelombang tersebut dan daftar ulang di gelombang selanjutnya.

Penutup

Mungkin sekian dulu artikel kita kali ini tentang Yuk! Baca Panduan Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 11 Terbaru, apabila kamu memiliki pertanyaan seputar artikel diatas silahkan komen dikolom komentar dibawah artikel ini sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Yuk! Baca Panduan Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 11 Terbaru"